Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Rencana Kerja Perangkat Daerah

Wakil Bupati Aceh Tamiang sedang membuka acara Forum Perangkat Daerahh/Lintas Perangkat Daerah

ACEH TAMIANG (05/03/2019) Diselenggarakannya Pembukaan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah di aula BAPPEDA Kabupaten Aceh Tamiang, acara ini dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang T. Insyafuddin, ST dan turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Drs. Basyaruddin,  DPRK, Para Asisten, Staf Ahli, para Camat dan seluruh Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Kabupaten Aceh Tamiang.

Penyelenggaraan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Rencana Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2020 ini merupakan momen yang sangat strategis  untuk mengkoordinasikan rencana pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis. Perangkat Daerah harus mampu menyusun perencanaan yang terintegrasi dan mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah. Mengacu pada sistem perencanaan pembangunan nasional, maka Rencana Kerja Perangkat Daerah 2020 harus merujuk pada dokumen Renstra Perangkat Daerah, terutama dilihat dari keterkaitan prioritas pembangunan, kebijakan dan arah pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2020.

Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah membahas rancangan Renja Perangkat Daerah dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari Musrenbang Rencana Kerja Perangkat Derah di Kecamatan, sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan Renja Perangkat Daerah Kabupaten yang difasilitasi oleh Perangkat Daerah.

Adapun tujuan dilaksanakannya Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Rencana Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Rencana Kerja Perangkat Daerah di Kecamatan.
  2. Mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan Perangkat Daerah sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah.
  3. Menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.
  4. Menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing Perangkat Daerah.

Dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Rencana Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2020, diharapkan  dapat menghasilkan :

  • Rencana Kerja Perangkat Daerah yang memuat kerangka regulasi dan kerangka anggaran Perangkat Daerah.
  • Daftar prioritas program dan kegiatan, indikator kinerja dan kelompok sasaran serta prakiraan maju berikut sumber pendanaan APBK, APBA, atau APBN.
  • Hasil Kesepakatan yang dituangkan dalam Berita Acara Hasil Forum Perangkat Daerah.

Kegiatan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Rencana Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2020 dilaksanakan selama 2 (dua) hari, tanggal 5 s/d 6 Maret 2019, Setelah acara pembukaan akan dilanjutkan dengan Sidang Kelompok yang dibagi ke dalam 4 kelompok yaitu :

  1. Kelompok Bidang Perencanaan Perekonomian dan Pembangunan Sumber Daya Alam;
  2. Kelompok Perencanaan Infrastruktur dan Kewilayahan
  3. Kelompok Perencanaan Pemerintahan dan Sumber Daya Manusia I;
  4. Kelompok Perencanaan Pemerintahan dan Sumber Daya Manusia II;

yang keseluruhannya dilaksanakan di lingkungan Bappeda Kabupaten Aceh Tamiang sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Selanjutnya, pada kesempatan ini Wakil Bupati Aceh Tamiang menyampaikan beberapa hal :

Pertama, Tahun 2020 merupakan tahun ketiga tahap pencapaian visi dan misi Kabupaten Aceh Tamiang dimasa kepemimpinan saya sebagai Kepala Daerah, untuk itu, penyusunan program dan kegiatan harus sinergis dengan upaya pencapaian visi dan misi pembangunan Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2017-2022.

Kedua, Wujudkan tertib administrasi perencanaan, melalui optimalisasi pencapaian indikator sasaran yang bermuara pada target akhir RPJM tahun 2017-2022.

Ketiga, Kepada seluruh peserta, untuk dapat mengikuti Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat daerah  dengan penuh keseriusan, aspiratif dan bertanggung jawab dari awal hingga akhir acara. Saya berharap, forum ini dapat menjadi ajang untuk menghimpun dan melahirkan ide-ide dan gagasan yang  cemerlang demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Aceh Tamiang.