Aceh Tamiang – Humas : Selasa, (10/04) Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Ke-16 Aceh Tamiang di Lapangan Tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang, berlangsung dengan khidmat pada pukul 09.00 wib. Dihadiri Ketua dan anggota DPRK Aceh Tamiang, Unsur Forkopimda Kab. Aceh Tamiang, Sekretaris Daerah Kab. Aceh Tamiang, para pejabat dilingkungan Kabupaten Aceh Tamiang, Ketua TP-PKK Kab. Aceh Tamiang, Danyon 111 Raider Tualang Cut, para Camat dan Unsur Forkopimcam Se-Kab. Aceh Tamiang, Para Alim Ulama, Pimpinan Parpol, Ormas, Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Wanita. Suasana Khas Melayu Tamiang terasa sangat kental dalam Upacara tersebut. Seluruh pejabat satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) Aceh Tamiang mengenakan pakaian tradisional Melayu Tamiang.

 

Bertindak sebagai Instruktur Upacara (Irup) yakni Wakil Bupati Aceh Tamiang sekaligus memberikan sambutan pada Upacara HUT Kab. Aceh Tamiang, beliau mengatakan Tamiang awalnya merupakan satu kerajaan yang pernah mencapai puncak kejayaan dibawah kepemimpinan Raja Muda Sedia yang pernah memerintah dari tahun 1330-1366 M. Tamiang adalah sebuah nama yang berdasarkan legenda dan data sejarah, yang berasal dari kata “ TE” dan “Miyang” yang berati tidak kena gatal atau tidak kena miang dari bambu. Pada saat itu nama Tamiang tersebut melekat dan dikenal sampai ke kerajaan-kerajaan lain. Serta hasil penelitian terhadap penemuan fosil sejarah, maka nama Tamiang dipakai menjadi usulan bagi pemekaran wilayah, untuk wilayah III Pembantu Bupati Aceh Timur meliputi eks kewedanaan Tamiang.

Kemudian dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2002, maka Tamiang menjadi sebuah daerah Otonomi yang tersebut Kabupaten Aceh Tamiang. Akhir Kabupaten Aceh Tamiang lahir pada tahun 2002 melalui Undang-undang Nomor 4 Tahun 2002. Adapun prestasi yang diraih selama 16 Tahun ini yakni Mendapatkan penghargaan WTP selama 3 (tiga) tahun berturut-turut.

Cita-Cita Kabupaten Aceh Tamiang kedepan :

- Mampu menyelesaikan berbagai hambatan, tantangan dan persoalan dalam berbagai sektor pembangunan.

- Meningkatkan layanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas serta meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat.

- Masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang terus mempertahankan dan meningkatkan dukungan perhatian dan kerjasama dalam menyukseskan pembangunan daerah diberbagai bidang.

https://www.kmutt.ac.th/asd/legal/file/slot-online-gacor/ https://enteronline.id/dace/