Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Aceh Tamiang

Pembangunan manusia menempatkan manusia sebagai tujuan akhir dari pembangunan, bukan alat dari pembangunan. Tujuan utama pembangunan adalah menciptakan lingkungan yang memungkinkan rakyat untuk menikmati umur panjang, sehat, dan menjalankan kehidupan yang produktif (United Nation Development Progamme-UNDP). Pembangunan manusia merupakan proses perluasan pilihan bagi penduduk.

Pembangunan manusia sebagai ukuran kinerja pembangunan secara keseluruhan dibentuk melalui pendekatan tiga dimensi dasar, yaitu umur panjang dan sehat, pengetahuan, dan penghidupan yang layak. Semua indikator yang merepresentasikan ketiga dimensi ini terangkum dalam satu nilai tunggal, yaitu angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Angka IPM akan disajikan pada tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. Penyajian IPM menurut daerah memungkinkan setiap provinsi dan kabupaten/kota mengetahui peta pembangunan manusia baik pencapaian, posisi, maupun disparitas antar daerah. Dengan demikian, maka diharapkan setiap daerah dapat terpacu untuk berupaya meningkatkan kinerja pembangunan melalui peningkatan kapasitas dasar penduduk.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang merasa bahwa pembangunan manusia merupakan hal terpenting dalam proses menuju kemajuan daerah. Untuk itulah, BAPPEDA Aceh Tamiang merasa diperlukan adanya informasi dan data statistik terkait pembangunan manusia di daerah ini.

Semoga publikasi capaian pembangunan manusia yang berjudul "Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Aceh Tamiang" ini bermanfaat bagi semua kalangan yang berkepentingan, termasuk masyarakat pengguna baik untuk bahan kajian maupun sebagai bahan rujukan.

 

Download Buku Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Aceh Tamiang 2011

Download Buku Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Aceh Tamiang 2016

Download Buku Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Aceh Tamiang 2017

Download Buku Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Aceh Tamiang 2018