Pelatihan (K3) untuk Petani Kelapa Sawit di Kabupaten Aceh Tamiang

PELATIHAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) UNTUK PETANI KELAPA SAWIT DI KABUPATEN ACEH TAMIANG

“Petani Kelapa Sawit Aceh Tamiang mengikuti Pelatihan K3 ”

Aceh Tamiang (13/11/2019). Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman  Keselamatan dan Kesehatan Kerja  (K3) maka hari ini Rabu 13/11 Earthworm Foundation dan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang menyelenggarakan Pelatihan K3 untuk Petani kelapa sawit di Aceh Tamiang  di SMA Negeri I Bandar Pusaka kampung Pantai Cempa Kabupaten Aceh Tamiang.

Pelatihan yang digelar selama 2 (dua) hari tersebut melibatkan sekitar 60 orang Peserta baik dari kalangan Pemerintah Daerah, Perusahaan Buyer CPO, Datok Penghulu, Perwakilan Petani dan  Stokeholder terkait. Hal ini adalah rangkaian kegiatan yang sebelumnya Earthworm Foundation dan Pemerintah Daerah telah menyelenggarakan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi Pabrik dan Perusahaan kelapa sawit di Kabupaten Aceh Tamiang.

Pemahaman petani terhadap  Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) masih jauh sekali dalam penerapannya. Padahal Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) merupakan aspek yang sangat penting dalam bekerja. Semakin para petani paham K3, maka resiko/ bahaya dalam bekerja dapat di hindari. Di kebun kelapa sawit para petani dihadapkan pada banyak risiko seperti terkena duri, gigitan hewan liar, paparan zat kimia, tertimpa tandan buah, dll. Kelapa sawit merupakan sektor industri perkebunan terbesar di kabupaten aceh tamiang.

Berdasarkan data Badan Pusat statistik Aceh Tamiang dalam Angka 2018, luas perkebunan kelapa sawit sesuai produksi tahun 2017 mencapai 86.378 ha. Hal tersebut membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Aceh Tamiang untuk bekerja di kebun kelapa sawit. Ini merupakan tindak lanjut hasil Workshop Ketenagakerjaan antara Earthworm Foundation, Bappeda dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Tamiang,dimana salah satu topik prioritasnya adalah keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman petani tentang isu utama dalam K3 yang mencakup: bahan berbahaya dan Beracun (B3),Alat Pelindung Diri(APD), Resiko Keselamatan dan Kesehatan Anak di kebun, mitigasi resiko dan solusi yang dapat dilakukan  terang Fajar Surya Purnomo Koordinator Earthworm Foundation Aceh Tamiang.

Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk petani kelapa sawit di buka oleh pemerintah daerah yang diwakili oleh Sekretaris Bappeda Aceh Tamiang Lazuardi, SE. dalam sambutannya, Kabupaten Aceh Tamiang memiliki industri perkebunan kelapa sawit dengan luas mencapai 86.378 ha. Terdapat 49.970 penduduknya bekerja di sektor pertanian dan 10.927 penduduk yang bekerja di sektor perkebunan. Berarti sebahagian besar penduduk bekerja di sektor perkebunan.

Dari hal tersebut sebagai pemerintah daerah kita terus berupaya, bagaimana para petani bisa meningkatkan pengetahuannya tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dimana saat ini kita masih melihat sebahagian para petani dalam bekerja masih bersifat tradisional, maka sering terjadi kecelakaan dalam bekerja. Untuk itu kami berharap para petani lebih serius dalam mengikuti acara ini, mudah-mudahan  dengan adanya pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ini para petani kita bisa lebih terjamin kesehatan bisa lebih baik kedepannya.