Aceh Tamiang (16/12), Penelitian dan pengembangan merupakan dua hal penting yang tidak dapat dipisahkan serta saling terkait satu sama lain yang memiliki peran dalam perencanaan dan evaluasi pengembangan, hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam rangka mewujudkan good governance serta meningkatkan daya saing dan kualitas hidup masyarakat.

Setelah suatu penelitian dihasilkan maka perlu dilakukan Diseminasi terhadap hasil penelitian, diseminasi merupakan kegiatan penyebaran informasi yang ditujukan kepada kelompok target atau individu agar memperoleh informasi, dan akhirnya dapat merubah prilaku sasaran. Harapannya dengan adanya diseminasi yaitu terjadinya perubahan pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Berangkat dari persoalan tersebut, Bappeda Kabupaten Aceh Tamiang pada hari Jumat (10/12/2021) melakukan Kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Hasil – Hasil Kelitbangan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2021. Dalam laporannya, Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Tamiang Drs. Rianto Waris mengatakan bahwa kegiatan ini adalah upaya menyampaikan informasi terkait hasil – hasil kelitbangan.

 

 

“Pada tahun 2021 ini sosialisasi dan diseminasi hasil – hasil kelitbangan berfokus pada penelitian dan pengembangan bidang pertanian dan perkebunan, penelitian dan pengembangan bidang lingkungan hidup serta penelitian dan pengembangan bidang pendidikan dan kebudayaan”.

 

Kagiatan diseminasi hasil – hasil kelitbangan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan pertanggung jawaban akademik yang telah dilakukan oleh peneliti atas hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2021, untuk penelitian dan pengembangan bidang pertanian dan perkebunan oleh Prof. Dr. Ir Abu Bakar, M.S, bidang pendidikan dan kebudayaan oleh Prof. Dr. M. Hasan, M.Si, bidang lingkungan hidup oleh Dr. Yanis Rinaldi, S.H, M. Hum.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Atamiang Drs. Asra mewakili Bupati Aceh Tamiang, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti harus disampaikan dan menjadi bahan informasi publik serta input dalam pengembangan kebijakan perencanaan pengembangan di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Hasil Penelitian akan mejadi rekomendasi kepada perangkat daerah dalam pengambilan kebijakan perencanaan pembangunan, sehingga Kami berharap bahwa hasil penelitian bidang pertanian dan perkebunan, lingkungan hidup, dan bidang pendidikan dan kebudayaan akan menjadi rekomendasi dalam pengembangan kebijakan perencanaan pembangunan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Aceh Tamiang secara umum”.

Kegiatan yang mengambil tempat di Aula Bappeda Kabupaten Aceh Tamiang ini di hadiri oleh Narasumber dari unsur Akademisi, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Para Camat, Para Datok Penghulu, para Kepala Sekolah, dan Insan Pers.