Launching SIDIK ATAM

ACEH TAMIANG | Selasa (4/12/18) Sistem informasi database infrastruktur merupakan aplikasi berbasis web yang menghimpun seluruh dokumen perencanaan maupun data base pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dibawah koordinasi Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, yang terdiri dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pertanahan, Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Kominfo), serta Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Sehubungan dengan hal tersebut diatas pada hari Selasa tanggal 4 Desember 2018 bertempat di aula Bappeda Kabupaten Aceh

Tamiang, diselenggarakan acara Launching Sistem Informasi Database Infrastruktur Kabupaten Aceh Tamiang yang disingkat dengan SIDIK ATAM. Pada kesempatan ini pemaparan SIDIK ATAM disampaikan oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Bapak Dedi Nurfadli, ST, yang dihadiri oleh unsur dari Dinas PUPR (mewakili enam bidang, yaitu Bina Program, Bina Marga, Cipta Karya, Sumber Daya Air, Perumahan dan Tata Ruang dan Penelitian), Dishub, DLH dan mitra kerja Pemda Aceh Tamiang yang menangani Program KOTAKU, Pamsimas serta Sanimas IDB.

Dalam kesempatan ini dijelaskan cara mengakses SIDIK ATAM yaitu melalui website sidik.acehtamiangkab.go.id. Dimana informasi-informasi pembangunan dan perkembangan infrastruktur di Kabupaten Aceh Tamiang khususnya pada kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir tersaji pada laman tersebut. Selain itu untuk mendukung kelengkapan serta pembaharuan informasi yang ada di SIDIK ATAM, juga disediakan pojok infrastruktur (Poin) yang berada di ruang Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bapeda Kabpaten Aceh Tamiang, yang fungsinya adalah melayani instansi pemerintah, non pemerintah, serta seluruh elemen masyarakat yang membutuhkan data dan informasi terkait Bidang infrastruktur. Selanjutnya Poin juga difungsikan untuk menerima dan mencatat setiap masukan dan informasi dari berbagai unsur tersebut diatas, yang datang ke Poin guna pembaharuan dan penyempurnaan data yang termuat dalam SIDIK ATAM.

Suasana rapat lauching SIDIK ATAM di Aula Bappeda Aceh Tamiang

Oleh : ELYANA HASTUTI, SP