Login

By A Web Design

Cetak

LOKAKARYA SOSIALISASI DAN STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) KABUPATEN ACEH TAMIANG TAHUN 2016

Ditulis oleh Elyana Hastuti, SP on 04 Oktober 2016. Posting di Tamiang

Lokakarya Sosialisasi dan Strategi Komunikasi Program KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) kabupaten Aceh Tamiang diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 29 September 2016 bertempat di Hotel Grand Arya Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Selanjutnya ditempat yang sama pada hari berikutnya Jum’at tanggal 30 September 2016 digelar Diskusi Tematik Komunitas Belajar Perkotaan (KBP) Program KOTAKU.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala atau utusan Dinas, Badan dan Kantor terkait dilingkungan pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, pelaku bisnis, BUMN, pihak swasta, akademisi, pers dan LSM yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang. Sementara itu terlibat juga pihak Kecamatan, Datok Penghulu, Koordinator BKM dan unit pengelola lingkungan (UPL) dari 5 (lima) kampung di Kecamatan Kota Kuala Simpang yang merupakan wilayah sasaran Program KOTAKU.

Acara Lokakarya ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan Setdakab. Aceh Tamiang Bapak MIX DONAL yang pada kesempatan ini mewakili Bupati Aceh Tamiang. Dalam sambutannya Bupati Aceh Tamiang H. HAMDAN SATI, ST mengingatkan bahwasanya target 100-0-100 dan penanganan kawasan kumuh perkotaan ini harus tercapai pada tahun 2019. Oleh karena itu semua pihak yang ada dilingkungan Kabupaten Aceh Tamiang harus bersedia untuk bekerja sama menata kualitas kawasan permukiman agar lebih baik. Beliau meyakini bahwa keberhasilan pencapaian target 100-0-100 ditentukan oleh kontribusi dan peran yang sinergi antara Pemda, masyarakat dan stakeholders terkait lainnya dalam rangka mewujudkan permukiman yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

Selanjutnya dalam lokakarya ini Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang berharap akan muncul berbagai strategi penanganan kawasan kumuh Kabupaten Aceh Tamiang. Kontribusi semua peserta yang hadir dalam lokakarya ini sangat diharapkan untuk aktif dalam rangka penanganan masalah yang ada. Oleh sebab itu Lokakarya ini merupakan wadah pembelajaran bagi seluruh komponen masyarakat dan pemerintah kabupaten untuk dapat memahami kondisi riil(potensi, permasalahan dan karakteristik) lingkungan dan masyarakat, sehingga secara bersama-sama dapat merumuskan alternatif solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat serta wilayah.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan presentasi oleh 3 (tiga) narasumber yaitu dari Bappeda Kabupaten Aceh Tamiang memaparkan tentang “Kebijakan Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan” yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Bapak DEDI NURFADLI, ST. Berikutnya pemaparan oleh Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Bapak FADLI MAULANA, ST. MT tentang “Kebijakan dan Strategi Nasional Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh” dan pemaparan tentang “Strategi Komunikasi dan Pengembangan Media” oleh Bapak DANIL PUTRA ARISANDY, M.Kom (Dosen IAIN Jurusan Komunikasi Cot Kala Langsa). Pada hari pertama kegiatan ini acara diakhiri dengan pemutaran film selaras, diskusi kelompok serta membangun kesepakatan dalam pelaksanaan program. Sedangkan pada hari kedua acara diisi dengan materi peran dan fungsi Pokja PKP, tata cara penentuan deliniasi kumuh, tahapan penyusunan dokumen RPLP tingkat kampung serta rencana kerja tindak lanjut.

Buat Komentar


Kode keamanan
Refresh