Login

By A Web Design

Berita dan Artikel

Cetak

Musrenbang Kecamatan Tahun 2018 Kab. Aceh Tamiang

Ditulis oleh Litbang Bappeda on Kamis, 30 Maret 2017 10:57. Posting di Berita dan Artikel

Musrenbang Kecamatan, 20-22 Februari 2017

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004  tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), dalam pasal 1 ayat (21) dinyatakan bahwa Musrenbang adalah forum antar pelaku dalam menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah. Musrenbang merupakan salah satu wahana yang efektif untuk memaduserasikan perencanaan bo­­­­­­­ttom-up dengan perencanaan yang bersifat top-down sehingga diharapkan mampu menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat  mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya untuk mencapai tujuan bersama.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kecamatan adalah  forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait, yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang kampung, serta menyepakati rencana kegiatan lintas kampung di kecamatan yang bersangkutan.

Masukan itu sekaligus  sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPK terkait sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja SKPK pada tahun 2018.  Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan dilaksanakan pada tanggal 20-22 Februari 2017, dengan menurunkan Tim Bappeda yang dibagi 3 (tiga) kelompok per daerah pemilihan anggota Legislatif. Adapun tujuan akhir dari Musrenbang RKPD di Kecamatan adalah :

1.             Memberikan wahana untuk mensinergikan dan menyepakati prioritas usulan-usulan masalah yang berasal dari masyarakat tingkat kampung (dan atau lintas kampong) yang menjadi skala pelayanan atau kewenangan Kecamatan dan lintas Kecamatan untuk satu tahun mendatang.

2.             Merumuskan dan menyepakati kegiatan-kegiatan yang akan dimusyawarahkan dalam forum SKPK dan Musrenbang Kabupaten.

 

3.             Menetapkan delegasi Kecamatan untuk mengawal usulan-usulan permasalahan kecamatan.

Cetak

Musrenbang RKPD Tahun 2018 Kab. Aceh Tamiang

Ditulis oleh Litbang Bappeda on Rabu, 22 Maret 2017 15:41. Posting di Berita dan Artikel

 

 

 

 

Musrenbang RKPD, 21-22 Maret 2017

 

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2018 dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 21-22 Maret 2018 mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. Adapun acara pembukaan bertempat di gedung SKB Kabupaten Aceh Tamiang dan Sidang Kelompok dilaksanakan Bappeda Kabupaten Aceh Tamiang.

Undangan/peserta Musrenbang Kabupaten dalam rangka Penyusunan RKPD tahun 2018 diikuti lebih kurang 250 orang yang terdiri dari unsur : Pertama, seluruh anggota DPRK Aceh Tamiang. Kedua, Badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang. Ketiga, Camat beserta perwakilan delegasi Kecamatan. Keempat, BUMD, LSM, Ormas, Pers, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Perempuan.

Bupati Aceh Tamiang dalam sambutannya menegaskan bahwa Musrenbang RKPD Tahun 2018 dengan tema “Penguatan ekonomi kerakyatan dan optimalisasi pelayanan publik serta kemantapan infrastruktur dalam mewujudkan Aceh Tamiang yang sejahtera dan madani”. Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kab. Aceh Tamiang, mengungkapkan bahwa adapun

Tujuan dilaksanakannya “Musrenbang RKPD”, diantaranya:

1.        Menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah Kabupaten Aceh Tamiang dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Provinsi Aceh;

2.        Klarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah kabupaten pada musrenbang RKPD dikecamatan;

3.        Merumuskan indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2018; dan

4.        Menetapkan prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah tahun 2018

 

 

 

 

Cetak

Diskusi Kelompok Terfokus (FGD) Penyusunan Rencana Kawasan Permukiman Kumuh Perkotaan (RKP-KP) Kabupaten Aceh Tamiang

Ditulis oleh Elyana Hastuti on Kamis, 17 September 2015 00:00. Posting di Berita dan Artikel

Diskusi Kelompok Terfokus (FGD)Penyusunan Rencana KawasanPermukiman Kumuh Perkotaan(RKP-KP) Kabupaten AcehTamiang

Rencana Kawasan Permukiman Kumuh Perkotaan (RKP-KP) Kabupaten Aceh Tamiang sudah mulai disusun oleh Kelompok Kerja Teknis (Pokjanis) Rencana Kawasan Permukiman Kumuh Perkotaan (RKP-KP) di Kabupaten Aceh Tamiang. Dimana untuk tim teknis pokjanis kabupaten diketuai oleh Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Tamiang dan Sekretaris Daerah sebagai ketua pengarah pokjanis, bekerja sama dengan Tim Teknis Provinsi serta dibantu oleh Tim Fasilitator Program Peningkatan Kualitas Permukiman (P2KP).
Cetak

PENGUMUMAN TENTANG PEMBERIAN IZIN LINGKUNGAN KEPADA PT. KWARTAPATI

Ditulis oleh Fadly Ikhsan S.Sos on Rabu, 06 Desember 2017 12:58. Posting di Berita

PENGUMUMAN
NOMOR : 503/7877

Tentang Pemberian Izin Lingkungan Kepada PT. KWARTAPATI Jenis Usaha Perkebunan Kelapa Sawit dengan luas ±300 Ha  di Dusun Pondok Lahan Kampung Perkebunan Seruway Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang.


Lihat Pengumuman Lengkap Disini

Cetak

SOSIALISASI PROGRAM PAMSIMAS III KABUPATEN ACEH TAMIANG TAHUN 2017

Ditulis oleh Litbang Bappeda on Minggu, 20 Agustus 2017 20:45. Posting di Berita

SOSIALISASI PROGRAM PAMSIMAS III

KABUPATEN ACEH TAMIANG

TAHUN 2017

 

Oleh : ELYANA HASTUTI, SP

 

Sosialisasi Program Pamsimas III di Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2017 diselenggarakan berdasarkan Surat Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor : PR01.03-DC/259 Perihal Pemberitahuan dan Penjaringan Minat Program Pamsimas III TA 2016 – 2019, serta Surat Bupati Aceh Tamiang Nomor : 600/5327 Perihal Pernyataan Minat untuk Mengikuti Program Pamsimas III TA 2016 – 2019. Dimana maksud dilaksanakannya Sosialisasi Program Pamsimas III Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2017, adalah sebagai strategi program untuk mengkolaborasikan program-program air minum dan sanitasi perdesaan berbasis masyarakat dari berbagai sumber pendanaan untuk pencapaian akses 100% air bersih untuk layak minum bagi masyarakat, dengan harapan untuk menjaring minat kampung-kampung yang ingin mengikuti Program Pamsimas III Kabupaten Aceh Tamiang pada Tahun Anggaran 2016 – 2019.

Selain itu hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan Sosialisasi Program Pamsimas III Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2017 adalah diperolehnya daftar pendek kampung-kampung yang berminat dan sebagai sasaran Program Pamsimas III Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2017, dimana pada tahun 2016 lalu, dari 113 kampung yang diundang pada acara sosialisasi hanya 9 (sembilan) kampung yang menyampaikan proposal dan menyatakan minat untuk mengikuti Program Pamsimas ini. Dimana pada akhirnya, dari perangkingan berdasarkan hasil verifikasi teknis yang dilakukan oleh Tim Pamsimas Kabupaten Aceh Tamiang yang terdiri dari Tim Pakem, DPMU serta Roms, ada 6 (enam) kampung yang diajukan sebagai kampung sasaran Program Pamsimas, dengan pembagian 4 (empat) kampung didanai dari sumber APBN dan 2 (dua) kampung didanai dari sumber APBK. Untuk kampung sasaran Pamsimas yang didanai APBN sampai saat ini sudah dilakukan pencairan dana tahap awal untuk pelaksanaan pembangunan infrastruktur air bersih.

Dalam sambutannya Ketua Poka AMPL Kabupaten Aceh Tamiang, yang pada kesempatan ini dibacakan oleh Bapak Ir. Adi darma, M.Si selaku sekretaris Pokja berharap agar Para Datok dapat mengikuti acara sosialisasi Program Pamsimas ini dengan serius dan seksama, serta dapat menyatakan minat untuk mengikuti Program Pamsimas ini, dimana untuk Kabupaten Aceh Tamiang, kita targetkan ada 30 (tiga puluh) kampung sasaran Program Pamsimas untuk pelaksanaan kegiatan dari tahun 2017 sampai tahun 2020 mendatang, guna mendukung pencapaian Program 100-0-100 serta meningkatkan ases air minum dan sanitasi yang layak untuk masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang.

Acara sosialisasi kabupaten yang kedua untuk Program Pamsimas III Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2017 ini diselenggarakan pada Kamis 20 Juli 2017 bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Aceh Tamiang, dimana pesertanya adalah para Datok penghulu dari 108 Kampung se-Kabupaten Aceh Tamiang, dengan narasumber dari Roms Pamsimas Provinsi Aceh dan Tim Panitia Kemitraan (Pakem) Pamsimas Kabupaten Aceh Tamiang.

 

Hal penting yang disampaikan pada acara sosialisasi tersebut adalah, bagi kampung yang berminat mengikuti program Pamsimas ini harus mempunyai komitmen dan dapat memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh kementerian PUPR yaitu kesanggupan kontribusi masyarakat (In Cash dan In Kind), bersedia hibah tanah untuk kegiatan, kesanggupan Iuran, kesanggupan pemeliharaan, yang semua itu dituangkan dalam Surat Minat Kampung untuk ikut dalam program Pamsimas III (tanda tangan di atas materai). Selanjutnya Surat Minat Kampung ditujukan kepada BUPATI ACEH TAMIANG, yang dapat diantar langsung ke Sekretariat Pakem di Kantor Bappeda Kabupaten Aceh Tamiang, Ruang Infrastruktur dan Kewilayahan sampai batas waktu pengembalian Proposal dan Surat Minat pada hari Senin Tanggal 31 Juli 2017.